Tuesday, June 14, 2016

Alat Musik Tradisional Orang Sunda

7 Alat Musik Tradisional Khas jawa Barat - Kumaha daramang sadaya? (apa kabar semua), Provinsi Jawa Barat merupakan Provinsi yang memiliki jumlah penduduk yang paling banyak di Indonesia .Beredar isu bahwa Provinsi Jawa Barat akan berubah nama menjadi Provinsi Pasundan karena Jawa Barat yang didominasi oleh Suku Sunda. Namun hal itu dinilai tidak benar karena sebagian masyarakat di Jawa Barat bukanlah suku Sunda. Akhirnya perencanaan tersebut dibatalkan. Dan tiga suku yang paling mendominasi di Jawa Barat adalah Suku Sunda, Suku Betawi, dan Suku Cirebon.
Mengenai kesenian dan budaya serta alat musk tradisional Jawa Barat, maka saya sendiri selaku orang sunda akan mengulas beberapa alat musik tradisional yang ada di tataran sunda (provinsi jawa barat).


Berikut Beberapa Alat Musik Tradisional Yang Ada Jawa Barat :

Ada beberapa alat musik tradisional yang berasal dari Provinsi Jawa Barat yang menjadi bagian dari kekayaan Indonesia akan seni dan budaya. Diantara beberapa alat musik tradisional Jawa Barat itu antara lain adalah :
  • Arumba
  • Angklung
  • Calung
  • Gendang
  • Kecapi
  • Rebab
  • Suling
Dalam postingan kali ini saya hanya akan mengulas tentang tujuh alat musik tradisional tersebut yang berasal dari Jawa Barat, karena menurut kebanyakan orang khususnya orang jawab sendiri bahwa ketujuh alat musik tradisional inilah yang sampai saat ini masih populer dan terus di lestarikan di Provinsi Jawa Barat. salah sahijina nyaeta (salah satunya adalah) :

1. Arumba

Nu kahiji (Yang pertama), saya akan ulas adalah Arumba.
Arumba merupakan alat musik yang juga terbuat dari bambu sama seperti angklung.

Arumba sendiri sebenarnya adalah singkatan dari alunan rumpun bambu
gambar: kebudayaanindonesia.net
Nama Arumba sendiri sebenarnya adalah singkatan dari alunan rumpun bambu pada awalnya alat musik tradisional Jawa Barat yang satu ini menggunakan pentatonis sebagai tangga nada yang ia hasilkan. Namun saat ini Arumba menggunakan nada diatonis.

2. Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional yang dipopulerkan oleh masyarakat Suku Sunda di Indonesia dan bambu adalah bahan dasar pembuatan alat musik satu ini. 

Angklung adalah alat musik tradisional yang dipopulerkan oleh masyarakat Suku Sunda di Indonesia

Angklung ini adalah jenis alat musik yang dimainkan dengan cara digoyang karena bunyi yang dihasilkan berasal dari benturan antara bambu tersebut. Ukuran angklung ini bermacam-macam, ada yang kecil dan ada juga yang berukuran besar.

3. Calung

Dulu waktu sekolah dasar saya pernah memainkan alat musik ini, suaranya yang unik dan khas membuat saya keasikan memainkannya. Alat Musik yang Hampir sama dengan angklung, Calung ini juga termasuk alat musik tradisional Jawa Barat yang terbuat dari bambu.
Angklung adalah alat musik jenis ini dimainkan dengan cara dipukul bagian ruas batang bambunya
gambar: kidnesia.com
Namun, biasanya bambu yang digunakan untuk membuat calung ini adalah bambu hitam dan ada juga yang terbuat dari bambu putih. Bedanya dengan Angklung adalah alat musik jenis ini dimainkan dengan cara dipukul bagian ruas batang bambunya.

4. Gendang

Alat musik tradisional pukul yang paling terkenal indonesia,  seperti yang kita ketahui bahwa gendang adalah alat musik tradisional yang terbuat dari kayu yang dibentuk seperti tong dengan kulit yang diregangkan dikedua ujungnya lalu dipukul hingga mengeluarkan bunyi yang khas. Kulit yang digunakan untuk membuat gendang ini biasanya adalah kulit sapi, kulit kerbau, atau kambing.
Alat musik tradisional pukul yang paling terkenal indonesia
gambar: id.wikipedia.org

5. Kecapi

Kecapi adalah alat musik yang dimainkan dengan cara memetik senarnya. Kecapi ini terbuat dari kayu yang dibentuk kotak sedemikian rupa yang diatasnya terdapat senar yang dipetik dan getarannya menghasilkan suara.

ecapi adalah alat musik yang dimainkan dengan cara memetik senarnya

6. Rebab

Rebab adalah alat musik tradisional jawa barat yang dimainkan dengan cara menggesek dua buah senarnya. Rebab terbuat dari kayu dan untuk menggetarkan suaranya ditutup dengan kulit tipis yang memiliki tangga nada pentatonis.

Rebab adalah alat musik tradisional jawa barat yang dimainkan dengan cara menggesek dua buah senarnya

Ukuran rebab biasanya kecil, badannya bulat, bagian depan yang tercakup dalam suatu membran seperti perkamen atau kulit domba dan memiliki leher panjang terpasang. Ada leher tipis panjang dengan pegbox pada akhir dan ada satu, dua atau tiga senar. Tidak ada papan nada. Alat musik ini dibuat tegak, baik bertumpu di pangkuan atau di lantai. Busurnya biasanya lebih melengkung daripada biola.

7. Suling

Alat musik jenis tiup ini di Jawa barat terdapat dua macam. Ada suling yang dibuat dengan 4 lubang, dan ada yang dibuat dengan 6 lubang. Yang 4 lubang mengeluarkan suara lebih berdengung dibanding dengan suling yang memiliki 6 lubang. Suara suling berciri lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik.
Alat musik jenis tiup ini di Jawa barat
gambar: omeka1.grinnell.edu
Demikianlah ulasan dari beberapa alat musik tradisional yang ada di provinsi jawa barat. Semoga artikel ini menambah wawasan dulur sadaya (kalian semua) dan terimakasih telah berkunjung di bog sederhana ini.



Referensi :
http://www.tradisikita.my.id/
http://www.alatmusiktradisional.com/
http://www.rumahbelajar.web.id/

Author: