Tuesday, June 14, 2016

5 Tempat Wisata Di Aceh

Inilah Tempat Wisata Di Provinsi Nanggro Aceh Darussalam - Banda Aceh adalah salah satu kota yang berada di Aceh dan menjadi ibu kota Provinsi Aceh, Indonesia. Sebagai pusat pemerintahan, Banda Aceh menjadi pusat segala kegiatan ekonomi, politik, sosial dan budaya. Kota Banda Aceh merupakan kota Islam yang paling tua di Asia Tenggara, di mana Kota Banda Aceh merupakan ibu kota dari Kesultanan Aceh.

Jika anda berencana untuk berlibur bersama keluarga, sahabat, teman dan pacar "cieee"  ke Provinsi Aceh, jangan lupa untuk menjunjungi beberapa tempat indah yang terdapat disana, Berikut salah satu tempat-tempat wisata yang dapat anda kunjungi : 


1. Air Terjun Suhom

Nama lain Air Terjun Suhom adalah Air Terjun Lhoong atau Krueng Kala,  Air terjun ini memiliki sumber air dari sebuah perbukitan dengan tumpahan airnya sekitar 20 meter. Posisi air terjun ini berada di tengah panorama alam yang indah dan alami. Di sekitarnya terdapat banyak pohon durian, sehingga pada musim durian banyak yang berjualan durian di sekitar air terjun. Di samping itu, di sekitar air terjun juga terdapat lokasi yang dapat digunakan untuk berkemah (camping). Air Terjun ini berada di Terletak di Desa Krueng Kala, Kecamatan Lhoong. Kabupaten Aceh Besar, Propinsi Nanggro Aceh Darussalam.
Air Terjun Suhom adalah Air Terjun Lhoong atau Krueng Kala
gambar: triptrus.com
Air terjun yang deras ini menjadi sumber energi listrik bagi masyarakat di sekitar Desa Kreung Kala. Sebuah pembangkit listrik tenaga mikrohidro kini telah dibangun di dekat air terjun dan dioperasikan untuk mengaliri listrik kepada 200 KK (Kepala Keluarga) penduduk Desa Kreung Kala.


2. Air Terjun Blang Kolam

Salah satu tempat wisata yang sangat menakjubkan dan tentunya masih asri, yang berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur. Kabupaten Aceh Utara, Propinsi Nanggro Aceh Darussalam. 
Salah satu tempat wisata yang sangat menakjubkan dan tentunya masih asri

Air Tejun Blang Kolam memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Air terjun yang indah ini, tampak asri karena lokasinya yang masih di bawah rimbunnya pepohonan dan memiliki suasana hutan yang alami. Belum lagi ketika perjalanan menuju air terjun ini, anda akan disuguhi dengan pemandangan dan suasana perdesaan yang menyejukkan mata.


3. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman adalah sebuah masjid Kesultanan Aceh yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1022 H/1612 M. Bangunan indah dan megah yang mirip dengan Taj Mahal di India ini terletak tepat di jantung Kota Banda Aceh dan menjadi titik pusat dari segala kegiatan di Aceh Darussalam.
Masjid Raya Baiturrahman adalah sebuah masjid Kesultanan Aceh yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1022 H/1612 M.
gambar: nytraveler.net
Sebagai tempat bersejarah yang memiliki nilai seni tinggi, Masjid Raya Baiturrahman menjadi objek wisata religi yang mampu membuat setiap wisatawan yang datang berdecak kagum akan sejarah dan keindahan arsitekturnya, di mana Masjid Raya Baiturrahman termasuk salah satu Masjid terindah di Indonesia yang memiliki arsitektur yang memukau, ukiran yang menarik, halaman yang luas dengan kolam pancuran air bergaya Kesultanan Turki Utsmani dan akan sangat terasa sejuk apabila berada di dalam Masjid ini


4. Pantai Lhok-Nga

Pantai Lhok Nga terletak di pantai barat Aceh di ujung Pulau Sumatera. Ia berada di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Lokasinya berdekatan dengan pantai Lampuuk dan dapat ditempuh melalui jalur Banda Aceh – Calang.
Pantai Lhok Nga terletak di pantai barat Aceh di ujung Pulau Sumatera

Pantai ini dikelilingi oleh pasir putih dan bebatuan, dimana ada banyak sekali ikan kecil berwarna warni di sekitar pantai dan membuat pantai ini semakin indah. Ada banyak sekali pohon kelapa yang tumbuh di sekitar pantai, selain pohon kelapa ada juga pohon-pohon rindang, termasuk pohon cemara yang memberikan kesejukan bagi para pengunjung pantai. Selain itu, ada banyak sekali penjual makanan di sekitar pantai yang menawarkan banyak pilihan makanan bagi wisatawan yang datang ke sana.



5. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah ada di Sabang, tepatnya di sebelah barat laut Pulau Weh. Nama Rubiah sendiri diambil dari nama yang tertulis di sebuah nisan yang ada di pulau.
Nama Rubiah sendiri diambil dari nama yang tertulis di sebuah nisan yang ada di pulau
gambar: utiket.com
Tempat wisata di Aceh ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Sedikitnya 14 dari 15 biota laut yang dilindungi di Indonesia ada di sini.



Referensi :
http://anekatempatwisata.com/
http://www.pepih.com/
http://jaksabewoesiat.com/

Author: