Wednesday, June 15, 2016

Makanan Unik Khas Maluku dan Papua

Makanan Unik Khas Maluku dan Papua - Berbicara tentangg papua mungkin hal pertama yang terlintas dipikiran kita adalah keindahhan alam khususnya keindahan pantai dan juga suku budaya nan unik, namun selain hal tersebut papua juga memiliki suatu kuliner tradisional yang dinamakan "Papeda", yaaa.. papeda adalah makanan pengganti selain beras dan umbi-umbian.

Papeda adalah makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan Papua yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit. Papeda berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar. Papeda merupakan makanan yang kaya serat, rendah kolesterol dan cukup bernutrisi.

papeda adalah makanan pengganti selain beras dan umbi-umbian.
Di berbagai wilayah pesisir dan dataran rendah di Papua, sagu merupakan bahan dasar dalam berbagai makanan. Sagu bakar, sagu lempeng, dan sagu bola, menjadi sajian yang paling banyak dikenal di berbagai pelosok Papua, khususnya dalam tradisi kuliner masyarakat adat di Kabupaten Mappi, Asmat, hingga Mimika. Papeda merupakan salah satu sajian khas sagu yang jarang ditemukan. 
Papeda merupakan makanan yang eksotis dan unik sehingga mulai dicari oleh petualang kuliner. Kini, papeda dapat ditemukan di beberapa restoran di Jakarta. Salah satu restoran yang menyediakan papeda sebagai menunya adalah Restoran Yougwa di kawasan Kelapa Gading yang merupakan cabang dari Restoran Yougwa cabang Danau Sentani, Jayapura.

Demikianlah sedikit pembahasan yang saya ketahui, mengenai kuliner tradisional yang berasal dari papua. TerimaKasih telah berkunjung.



Referensi :
http://arraziibrahim.com/
http://makanajib.com/

Author: