Thursday, July 14, 2016

Inilah Beberapa Fakta Menarik Orang Sunda, Nomor 5? Gokil

Fakta Menarik dan Unik Orang SundaAssalamualaikum wr.wb. Sampurasun sadaya! tepang deui sarang simkuring di Blog iyeu hehe, itu adalah sedikit sapaan dari saya dalam Bahasa Sunda, Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang sangat menarik bahkan unik. Untuk postingan kali ini saya akan memberikan informasi fakta menarik mengenai orang sunda, Apa saja itu? 


Berikut beberapa fakta menarik tentang orang sunda : 

1. Orang Sunda Humoris. 

Siapa yang tidak kenal Sule, dia adalah salah satu dari beberapa pelawak asli Bandung yang sangat terkenal karena penampilannya di layar televisi indonesia. Kenyataanya sejak lama memang banyak sekali cerita-cerita Sunda yang lucu, contohnya Kabayan yang pemalas namun cerdik, ini mungkin karena sifat orang sunda yang humoris dan periang.

salah satu dari beberapa pelawak asli Bandung yang sangat terkenal karena penampilannya di layar televisi indonesia

2. Orang Sunda Sopan Tapi Pemberani.

Orang Sunda memang dikenal dengan kesopanan dan keramahannya, jika kita mengunjungi derah di sekitar Priangan Selatan, dan Tengah. mungkin kita akan menemukan bahwa Sunda di sana sangat halus, begitu juga orang-orangnya yang ramah, mungkin agak sedikit berbeda dengan orang-orang di daerah utara perbatasan dengan Banten, atau timur yang perbatasan dengan Jawa, mereka punya karakter masing-masing. 

Karena orang sunda itu soméah, maka mereka memiliki kata apa yang pantas diucapkan pada orang yang lebih tua, lebih muda, ataupun untuk dirinya sendiri, bahkan untuk hewan sekalipun. Sebagai contoh:
  • Untuk orang yang lebih muda : Neng, emam heula! artinya >> Nak, makan dulu!
  • Untuk orang yang lebih tua : Mangga atuh aki tuang heula! artinya >> Silahkan kakek makan dulu! 
  • Untuk dirinya sendiri : Abdi nuju neda, artinya >> Saya sedang makan.


3.Orang Sunda Kreatif.

Siapa dari kalian yang tidak mengenal T-Shirt Bandung, pasti sebagian besar dari kalian peranah jalan-jalan ke Bandung dan menemukan distro-distro yang bertebaran di banyak sudut-sudut kota, Bandung terkenal dengan industri kreatifnya bukan hanya pakainnya namun juga makananya yang unik dan beraneka ragam. Selain makanan dan pakaian banyak juga seniman asal sunda yang cukup terkenal di Indonesia.

Bandung terkenal dengan industri kreatifnya bukan hanya pakainnya namun juga makananya yang unik dan beraneka ragam


4. Orang Sunda Agamis. 

Keterbuakaan orang Sunda membuat Agama Islam masuk ke dalam masyarakat Sunda dengan cepat dan mudah, keterikatan orang Sunda dengan Islam pun relatif lebih kuat jika dibandingkan dengan orang Jawa, meskipun tidak sekuat Bugis atau Madura. Ini juga memberikan efek pada pergerekan politik di Sunda.

5. Orang Sunda Gak Bisa Ngomong "F"?

Bukan sesuatu yang baru kalau orang Sunda dikenal paling susah ngomong F atau V. Kenapa bisa demikian memang juga masih jadi perdebatan. Yang jelas, dalam aksara Sunda memang nggak ada huruf F atau V. Dengan demikian, nggak ada juga kosa kata dengan menggunakan F atau V dalam bahasa Sunda. 
Bukan sesuatu yang baru kalau orang Sunda dikenal paling susah ngomong F atau V
sumber : saljudiparis.blogspot.com
Saya ambil contoh nama saya sendiri Rifki Hilman Pauzi, nah bisa dilihat nama belakang saya Pauzi bukan Fauzi "dikutif dari akta kelahiran sendiri, hehehe" Jadi, bisa dibilang orang Sunda kurang terbiasa melafalkan huruf F dan V. Kalau sekarang, sudah banyak kata serapan yang digunakan oleh orang Sunda. Jadi, bukan tidak mungkin banyak orang Sunda yang sudah bisa bilang F atau V.

6. Hmmm, Berkulit Putih

Mayoritas orang sunda memang berkulit putih, hampir dikatakan rata-rata meskipun tidak semua. Konon katanya karena letaknya yang berada di dataran tinggi ditambah dengan mengkonsumsi lalapan yang berasal dari dedaunan alamai, bahkan dari ujung daun muda kopi saja bisa dilahap kalau di kota-kota besar ada makanan yang disebut Salad di tanah sunda jawa juga ada yaitu Karedok (salh satu makanan kesukaan saya, hehehe). Satu lagi yang menjadikan mereka kelihatan putih dan cantik, orang sunda memiliki gengsi yang cukup tinggi. Kalau misalnya , tidak rapi mereka risih, dan jika tidak kelihatan putih mereka malu.

7. Mencampur Bahasa

Entah kenapa orang sunda meskipun sudah berbahasa indonesia tetap saja selalu diikuti kata "Atuh..." dengan logat yang khas, atau sering juga diikuti dengan kata "teh...", contoh mengatakan "Itu teh susu..." "susu kok dibilang teh?". Mereka sangat sulit menghilangkan kebiasaan berbahasa dengan  logat khasnya. Ini bukan jawa lho yang medok berbahasa. Selain dua kata di atas juga ada kata lainnya seperti "Nya", "Mereun", atau "Mah".

8. Katanya Perempuan Sunda Itu Matre dan Suka Dandan?

Ada lagi mitos-mitos tentang cewek Sunda yang sering didengar yaitu konon katanya cewek Sunda itu matre dan suka dandan. Lagi-lagi, masih belum jelas dari mana mitos tersebut berasal. Yang pasti, cewek Sunda memang gemar berbelanja barang yang terlihat dan lebih terbuka jika ingin membeli sesuatu, mungkin karena itu jadi dipandang matre. 
konon katanya cewek Sunda itu matre dan suka dandan
Sumber : enambelasnovember.blogspot.com
Cewek Sunda disebut-sebut suka berdandan. Wajar saja sih ya kalau cewek suka dandan. Tapi, mungkin cewek Sunda dandananya lebih tampak wah jadi tampak sangat suka dandan.




Referensi :
www.hipwee.com/
www.log.viva.co.id/
www.duniabombom.com/

Author: