Sunday, July 3, 2016

Inilah 7 Makanan Khas Indonesia yang Terkenal Di Dunia

Makanan Khas Indonesia yang Mendunia - Indonesia yang merupakan negara yang tekenal di seluruh dunia tentang rempah-rempahnya yang lezat banyak dicari oleh para pemburu kuliner yang berasal dari seluruh penjuru dunia, dengan rempah-rempahnya yang enak tentu menghasilkan makanan dengan ciri khas yang enak juga.

Apakah kalian tau?? Ternyata makanan yang sering kita temukan di indonesia telah terkenal dan mampu bersaing dengan masakan asing dari negara lain.

Berikut di bawah ini adalah tujuh masakan asli dari indonesia yang telah terkenal dan banyak diminati oleh orang negeri, versi Redaksindonesia :


1. Bakso Sapi

Mantapp... Sekiranya untuk makanan yang satu ini mungkin tepat diposisikan di urutan no 1, alasannya hampir semua orang tahu dan suka dengan makanan yang satu ini terutaman saya sendiri. Ya, Bakso atau baso (kalau di daerah saya) adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau. 

Saat berkunjung ke Indonesia pada tanggal 11 November 2010, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama tak hanya menyerukan persatuan dan toleransi ke seluruh dunia. Dia mendadak juga jadi 'Duta Bakso'. Ketika mengenang masa kecilnya di Jakarta, tak lupa Obama menyinggung makanan kesukaannya saat kecil itu.

Dia mendadak juga jadi 'Duta Bakso'. Ketika mengenang masa kecilnya di Jakarta, tak lupa Obama menyinggung makanan kesukaannya saat kecil itu.

Bakso, nasi goreng... semuanya enak! kata Obama saat menghadiri jamuan makan malam kenegaraan. Tidak cuma itu, saat berpidato di kampus UI, presiden negara adikuasa ini juga menirukan gaya penjual bakso berseru menjajakan dagangannya. "Baksooo!" katanya, disambur gerrr "This hamburger" hadirin.

Bakso terinspirasi dari resep masakan Tiongkok. Akan tetapi, untuk menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia, kuliner ini lalu dikreasikan dengan berbagai bahan agar lebih lengkap dan nikmat. Bakso Solo merupakan salah satu sajian yang begitu terkenal dan mendunia. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dalam mangkuk khas yang bergambar ayam jago dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, mie kuning/mie golosor (sebutan di daerah saya), taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri.

Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

2. Gado-gado

Gado-gado sebagai cita rasa kuliner asli Indonesia yang mendunia. Gado-gado merupakan salad dengan bahan utama sayuran dan dilengkapi dengan nasi atau lontong. 

Gado-gado merupakan salad dengan bahan utama sayuran dan dilengkapi dengan nasi atau lontong

Kalau orang luar negeri mengenal yang namanya salad, Indonesia juga punya salad tradisional yang sangat menggambarkan mereka bernama gado-gado. Seperti bakso yang mendunia, gado-gado juga memakai bumbu kacang super manis yang membuat semua orang jatuh cinta. Dikenal sebagai makanan khas sarapan, gado-gado menawarkan makanan sehat yang sangat lezat.

Ada wortel, sayur, lontong, telor, tahu, dan tentunya krupuk emping serta sedikit sambal, membuat gado-gado semakin populer dan hits sebagai masakan khas Indonesia. Kamu pun tak susah menemukannya karena dijual mulai di PKL pinggir jalan sampai hotel berbintang.

3. Sate

Asap dan bau bakar sate ayam saja mampu membuat manusia manapun menjadi lapar saat menciumnya. Dan itulah ciri khas sate yang tak bisa ditemukan di manapun. Rasa daging matang yang sedikit terbakar, dicampur dengan bumbu kacang manis serta diberi taburan bawang dan sedikit tambahan sambal, membuat sate menjadi masakan Indonesia yang tak bisa ditolak.

makanan yang terbuat dari potongan daging kecil-kecil yang ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi

Sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging kecil-kecil yang ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu.

Orang Indonesia tentu tahu bagaimana abang penjual sate berjalan di sekitar kompleks "ya elah kompleks, ane mah komplkes perkampungan, hahaha" menawarkan jualannya sambil berteriak dan membunyikan botol kaca dengan cara memukulnya menggunakan sendok/benda besi lainnya, (kecuali golok, hahaha)  

4. Nasi Goreng

Mungkin beberapa Negara lain juga memiliki menu nasi goreng khas daerahnya sendiri. Namun, nasi goreng Indonesia tetap memiliki ciri khas berbeda yang membuatnya sangat terkenal di Negara lain. Bahkan saat presiden Barack Obama mengunjungi Indonesia, beliau bahkan sangat terpukau dengan menu kuliner yang satu ini. 

nasi goreng Indonesia tetap memiliki ciri khas berbeda yang membuatnya sangat terkenal di Negara lain

Inilah bukti bahwa nasi goreng merupakan makanan tradisional Indonesia yang mendunia. Tidak hanya Amerika, ternyata di beberapa ajang festival kuliner Tiongkok, menu yang satu ini menjadi salah satu sajian yang sangat digemari.

5. Tempe

Sebagai cita rasa kuliner asli Indonesia yang mendunia. Tidak puas jika makan tanpa ada tempe. Tempe sekarang sudah dikenal dimana-mana tidak hanya di Indonesia. Bahkan di Jepang tempe ini dapat diolah dengan berbagai cara seperti burger tempe, steak tempe, dan masih banyak lagi. Bahan utama pembuatan tempe adalah kedelai. Cara paling umum memasak tempe di di indonesia sendiri adalah dengan digoreng tetapi juga bisa tempe ini dibacem.

Bahan utama pembuatan tempe adalah kedelai

Selain terkenal di Indonesia, tempe saat ini juga sudah mendunia. Tidak sulit menemukan makanan sederhana ini di luar negeri. Kendati demikian Indonesia masih merupakan produsen tempe terbesar di dunia dan menjadi pasar kedelai terbesar di Asia. Ironi lain di balik populernya tempe adalah bahwa saat ini sudah terdaftar 19 hak paten atas tempe yang didaftarkan oleh perusahaan Amerika dan Jepang.

Hal ini tentunya sangat disayangkan mengingat tempe adalah makanan khas Indonesia yang memiliki kandungan gizi yang lengkap, bahkan bisa dijadikan sebagai pengganti daging karena merupakan sumber protein tinggi dengan kandungan sekitar 18 jenis protein dan asam amino yang mudah dicerna tubuh

6. Rendang

Siapa yang tidak kenal makanan pedas yang terbuat dari daging ini? Ya, rendang merupakan kuliner khas Padang yang sangat populer hingga mancanegara. Rasa khas bumbu dan rempahnya sangat unik, tak heran para turis manca pun selalu ketagihan untuk mencicipi menu makanan tradisional Indonesia yang mendunia ini. Rendang bahkan telah menjadi salah satu menu favorit di beberapa restoran Eropa.

ndang merupakan kuliner khas Padang yang sangat populer hingga mancanegara

Di Indonesia ada banyak jenis makanan yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya seperti sop konro, rawon, tongseng daging, tapi yang paling menarik dan sering dicari banyak orang pasti rendang. Salah satu masakan tradisional khas Sumatera Barat ini berupa daging bercita rasa pedas dengan bumbu rempah-rempah & santan.

Keunikan yang terdapat pada rendang adalah bumbu alami yang digunakan memiliki sifat antiseptik, sehingga bisa berguna sebagai pengawet alami. Bumbu lain juga diketahui punya aktivitas antimikroba yang kuat, tidak heran jika rendang bisa bertahan selama 3 bulan di udara terbuka. 

Dilansir dari Vivanews,  Hasil survei yang meletakkan rendang sebagai makanan terlezat di dunia mengangkat popularitas Sumatera Barat. Daerah berpenduduk sekitar lima juta jiwa ini diyakini sebagai etnis yang mampu menghasilkan masakan berkualitas.

7. Nasi Kuning

Dan yang terakhir adalah Nasi kuning, merupakan makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dengan ditambahkannya bumbu-bumbu dan santan, nasi kuning memiliki rasa yang lebih gurih daripada nasi putih. Nasi kuning adalah salah satu variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai tumpeng. Nasi kuning biasa disajikan dengan bermacam lauk-pauk khas Indonesia. 

merupakan makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah

Dalam tradisi Indonesia warna nasi kuning melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh sebab itu nasi kuning sering disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan. Dalam tradisi Bali, warna kuning adalah salah satu dari empat warna keramat yang ada, disamping putih, merah dan hitam. Nasi kuning oleh karena itu sering dijadikan sajian pada upacara kuningan.




Referensi: 
http://www.asliindonesia.net/
http://www.resepmasakanblog.com/

Author: