Monday, September 26, 2016

Kenangan Tak Tergantikan Tahun 90an

Kenangan Tak Tergantikan Tahun 90an - Ini adalah pengakuan pengakuan sang penulis... (efek dramatis, hehe) Postingan kali ini mungkin akan mengingatkan kenangan indah masa kecil kallian khususnya pada generasi 90an karena hal ini juga tentunya saya alami, Mengenang masa Tahun 90 an masa dimana Tekhnologi belum berkembang secanggih di jaman sekarang. Meski jadoel tapi ada hal yang tak akan tergantikan jika dibandingkan dengan zaman sekarang yakni Indahnya Kebersamaan. Nostalgia Tahun 90an yang mungkin bikin nangis kalau diingat yaa... seperti berinteraksi dengan teman-teman tanpa harus memegang Smartphone untuk berkirim kabar ataupun mengeluarkan uang untuk bayar per jam saat bermain game online di warnet. 

Disini akan saya sebutkan beberapa saja karena kalian tahu ada banyak sekali permainan dan hal menyenangkan lainnya di era 90an, Berikut beberapa kenangan tak tergantikan tahun 90an, jeng..jeng..jeng :



1. Hari Minggu Asiknya Nonton Bobo ho, Doraemon Dan Power Ranger

Nah ini, nah yang ini, benar sekali sekali yang ini :( tidak lengkap rasanya kalau hari minggu belum menonton film dan kartun tersebut Kalo uda hari minggu, film Kamen Rider, Power Ranger, Doraemon Dan Bobo ho pasti menjadi tontonan wajib dirumah. Nunggu jam 9 pagi buat ngeliat aksi Power ranger melawan monsternya yang rada blo'on. Setiap power ranger malakukan pose, pasti diiringi sama ledakan dibelakang 'Sungguh warbyazahhhh' aku yang merah,aku yang merah.. aku yang merah nah kamu biru, lah aku juga yang merah (dan pertengkaran konyolpun dimulai) ya meskipun sering bertengkar memperebutkan hal yang sepele toh nanti juga akan baikan (karena itu sudah biasa), begitulah kalau sudah muncul power ranger di TV.


kelucuannya itu yaitu kalau gak salah "Super Mischieves" dalam film itu Bobo ho

Lain lagi ceritanya kalau Doraemon dan Bobo ho di TV, haha itu tuhh Bobo ho film kesukaanku memang banyak sekali judul-judul darim film boboho tapi ada satu judul yang sampai saat ini saya ingat kelucuannya itu yaitu kalau gak salah "Super Mischieves" dalam film itu Bobo ho, temannya yg jago kungfu (gak tau lah namanya :S) dan pamannya yang blo'on itu hahaha disuruh oleh gurunya dari saolin untuk mengambil kitab yang dicuri, hingga mereka memulai perjalanan untuk menemukan kastil setan, pokoknya jalan ceritanya sangat lucu dan bagi teman-teman 90an yang ingin menontonnya kembali kalian bisa mencarinya di YouTube, cari aja dengan judul Super Mischieves atau Bobo Ho Super Mischieves karena pada waktu saya mencari-cari di YouTube juga susah. 




2.  Sore Hari Bermain Ular Naga

Biasanya sih pada waktu sore hari.. Permainan tradisional ini menggunakan lagu dalam permainannya. Dua orang akan menjadi induk kemudian yang lain baris menerobos gerbang antara induk tersebut. Setelah lagu terakhir habis maka gerbang itu akan mengunci salah satu anak. Untuk menentukan anak itu ikut siapa diadakan suit antara induknya, dia yang menang maka anak tesebut akan ikut dibelakang induknya.
 Permainan tradisional ini menggunakan lagu dalam permainannya.
sumber gambar: permainan-tradisional.com
Permainan itu terus berlanjut hingga yang menerobos gerbang habis. Setelah habis diadakan percakapan antara induk, karena pada inti permainan ini adalah induk yang memiliki anak paling sedikit akan mengejar anak dari induk musuh. Dengan cara mengejar dan menyentuh. Setelah salah satu tersentuh makan harus ikut menjadi anaknya. Agar anak tidak dicuri, maka harus berpegangan erat pada teman depannya. Dan ingat ya.. jangan sampai lepas ketika mengikuti arah induk berlari. 



3. Lompat Tali, Talinya Dari Karet, Karetnya Yang Diuntun

main karet, disitu eman si sapi.. eh maksudnya emansipasi kerasa banget (jarang cowok bisa salto2 loncatin karet, akhirnya dibela perempuan) hahaha. Tali ini tersusun oleh karet yang dirangkai hingga panjang. Cowok cewek bisa kok memainkan permainan ini. Aturan permainan ini ada dua orang yang memegang ujung tali. Kemudian jika salah satu pelompat melanggar aturan maka gantian dia yang jaga. 
sumber gambar:kfk.kompas.com
Tinggi tali dimulai dari paling bawah yaitu tali diletakan ke tanah, sejajar dengan lutut, pinggang, *bagian terlarang*, pusar, dada, bahu, telinga, kepala dan yang paling tinggi itu ujung jari telunjuk diangkat keatas. Permainan ini mengandalkan kekuatan fisik dan kelincahan tubuh. Kalau didaerah tempat tinggal saya ada beberapa sebutan untuk setiap 

ahh 90 an :)



4. Bermain Monopoli

Monopoli, ya salah satu permainan ditahun 90an yang dimainkan maksimal pemain hanya 4 orang saja. Tahukan cara mainnya. Yup dengan bemodalkan uang yang diberikan oleh bank kalian harus bisa mengatur strategi agar menjadi kaya, kaya dan kaya. Dengan membeli komplek kemudian mendirikan rumah atau hotel. Nah jika salah satu pelaku berhenti dikomplekmu maka akan dikenakan denda pajak. Dalam permainan ini juga disediakan “kesempatan” dan “dana”, jika berhenti pada petak salah satu ini kamu berhak mengambil satu kartu paling atas.
Monopoli, ya salah satu permainan ditahun 90an yang dimainkan maksimal pemain hanya 4 orang saja
sumber gambar: nurmaliyanti.wordpress.com
Tidak semua kartu akan menguntungkanmu terkadang kartu yang diambil akan merugikanmu. Liat yukk siapa yang paling banyak hutangnya dan siapa yang kaya raya. Tapi uangnya jangan dipakai buat jajan ke warung yaa, hehe... namanya juga uang monopoli. Permainan ini memang sederhana tapi mengajarkan kita untuk belajar berbisnis. Yang penting strateginya bagus. Kalau strategi saya sih dulu ketika main monopoli dengan membeli tempat-tempat yang kalau teman saya menginjak dendanya mahal, cukup simple ya iyalah waktu itu mana kepikiran strategi-strategi yang bagus toh masih Vocah, hahaha oiya dan satu lagi yang saya suka dari permainan ini yaitu menjebak, ya menjebak adalah keahlianku dalam permainan ini, jika kebanyakan teman-temanku ingin banyak menghasilkan uang dari setiap hotel atau perumahan sebaliknya saya suka sekali membeli banyak setiap petak atau tempat yang saya  singgahi, karena makin makin banyak petak makin banyak orang dijebak untuk membayar.



5. Kematian Tragis Dalam Permainan Tamagotchi

Tamagotchi terlihat menyenangkan jika dalam keadaan waktu berkomunikasiBinatang kesayangan bernama Tamagotchi muncul di atas pemandangan konsol permainan. Pemilik menikmati permainanya dengan memelihara Tamagotchi itu, misalnya memberi makanan, membersihkan kamar Tamagotchi, bermain dengan Tamagotchi dll. 

Tamagotchi terlihat menyenangkan jika dalam keadaan waktu berkomunikasi dengan baik. Tetapi Tamagotchi menjadi marah kalau pemelihara melalaikan peliharaan. Keadaan terburuk, Tamagotchi bisa mati pun. Dengan memelihara seperti ini, Tamagotchi mengubah bentuk diri ke "Oyajitch (Tamagatchi berbentuk Oyaji)", "Nyorotchi (Tamagotchi berbentuk ular)" dan lain-lain yang sifatnya dan bentuknya bermacam-macam. 
Konsol permainan itu berbentuk telur . Tiga saklar ada di bawah pemandangannya. Saklar yang ada di ter-kiri untuk "memilih". Yang tengah untuk "menuntukan" dan yang ter-kanan untuk "membatalkan". Sistem saklar ini mempegaruhi banyak konsol permainan yang akan datang.



6. Permainan Gundu (Kelereng), Katapel, Yoyo, dan Layangan

(Kaleci, Bandring, mang Yoyo.. hahaha jeung Lalayangan)Kalo uda musimnya, permainan tradisional ini pasti jadi lahan rebutan. Kalo cuaca lagi panas, layangan jadi pilihan nomor 1 bukan layangan jaman sekarang yaitu 'Alay' anak lebay atau anak layangan, jika Semakin sakti dan tinggi layangan, makin banyak lawan diudara yang siap ngadu. 

Kebayang ga kalo game ini bakal ada lagi di tahun sekarang Tentunya masih ada tapi bakal susah ditemui. Meskipun game ini terkesan jadul, suasana kebersamaan yang kental 'dan manis' (ya.. elah itu sih susu, hehe) membuat anak tahun 90an punya banyak keahlian. 

Jika dibandingkan sama game skarang yang berasal dari teknologi canggih, ga ada seru-serunya bahkan tantangannya ya ga? 



7. Dikejar Unggas Legend

yap ada yang pernah seperti ini, kalau dibuat kata-kata dalam meme mungkin akan seperti ini "Jika kalian pernah dikejar hewan ini, Masa kecil anda penuh tantangan", ya memang terkesan lebay tapi itulah kesan saya dulu waktu dikejar tuh hewan, nama hewan angsa atau soang? yang tau komen donk..
sumber gambar: chey1animalsattackingpeople.blogspot.com



8. Tekuk Dulu Gambarnya

Hahhha... maen tepok gambar?? (Gepok) ditekuk dulu biar menang wkwkwkwk licik methode.
Permainan sederhana yang menggunakan gambar sebagai medianya, permainannya cukup sederhana setiap anggota pemain menyerahkan beberapa gambarnya untuk dijadikan media permainan dengan cara menggabungkan seluruh gambar dari masing-masing anggota, 



setelah itu dilakukan sebuah pengundian/pemilihan untuk urutan bermainnya setelah terpilih permainan dimulai, saat permainan dimulai ada banyak trik dan gaya bermain dari tiap-tiap pemain.

Author: