Monday, June 27, 2016

3 Wisata Menakjubkan Di Pulau Komodo

Tempat Wisata Menakjubkan Di Pulau Komodo - Salah satu tempat yang menjadi destinasi bagi para wisatawan dalam dan luar negeri, Mungkin kita sudah sering mendengar berbagai berita tentang Pulau Komodo

Pulau Komodo berada di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo bersama Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Motang dan banyak pulau-pulau kecil lainnya. Secara administratif, pulau ini berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, dan berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.

Salah satu tempat yang menjadi destinasi bagi para wisatawan dalam dan luar negeri, Mungkin kita sudah sering mendengar berbagai berita tentang Pulau Komodo.

Selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam kayu sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian, pohon nitak ini atau sterculia oblongata di yakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih dan enak seperti kacang polong.

Pulau Komodo juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, karena dalam wilayah Taman Nasional Komodo, bersama dengan Pulau Rinca, Pulau Padar dan Gili Motang
Sebenarnya apa sih, yang membuat pulau komodo sebegitu menariknya? Oke, berikut 3 hal ini yang membuat pulau komodo menariik :

1. Kadal Purba Alias Komodo

Kadal raksasa yang termasuk hewan purba ini pertama kali ditemukan tahun 1910 oleh Peter Ouwens, direktur Museum Zoologi Bogor. Dan saat ini populasi komodo hanya bisa ditemukan di Indonesia. Di Pulau Komodo terdapat sekitar 2.500 ekor komodo yang masuk dalam IUCN Red List of Threatened Species. 

Komodo, atau yang selengkapnya disebut biawak komodo (Varanus komodoensis, adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora.

Komodo, atau yang selengkapnya disebut biawak komodo (Varanus komodoensis, adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora.

Termasuk anggota famili biawak Varanidae, dan klad Toxicofera, komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 m. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, dan laju metabolisme komodo yang kecil. Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup.
Tubuhnya yang besar dan reputasinya yang mengerikan membuat mereka populer di kebun binatang. Habitat komodo di alam bebas telah menyusut akibat aktivitas manusia dan karenanya IUCN memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan 

2. Pantai Merah Muda

Kenapa disebut Pantai Merah Muda/pink beach alasannya cukup jelas karena pasirnya berwarna pink! Hanya ada 7 buah pantai berpasir pink di dunia ini, salah satunya di Pulau Komodo. Pasir pink ini berkat campuran pasir putih dan merah. Warna merah sendiri konon katanya berasal dari serpihan koral merah yang hancur.

Pantai Merah Muda/pink beach alasannya cukup jelas karena pasirnya berwarna pink

Adapun pantai merah muda yang hanya terdapat di adalah Pink Beach di harbor Island, Bahamas; Bermuda; Santa Cruz Island, Filipina; Sardinia, Italia; Bonaire, Dutch Carribean Island; dan di Balos lagoon, Crete, Yunani.

3. Taman Bawah Laut Nasional Komodo

Tak hanya magnet hewan komodo saja, disini terdapat ikan pelagis yang melimpah, terumbu karang dengan warna-warna yang mempesona serta keanekaragaman hayati. Membuat Pulau Komodo bagian dari pesona dan legenda yang harus tetap dilestarikan. Seperti :

Tak hanya magnet hewan komodo saja, disini terdapat ikan pelagis yang melimpah, terumbu karang dengan warna-warna yang mempesona serta keanekaragaman hayati. Membuat Pulau Komodo bagian dari pesona dan legenda yang harus tetap dilestarikan

  • Alam bawah laut komodo sendiri terdapat lebih dari 1.000 jenis ikan,
  • 285 Jenis spesis pembentuk terumbu karang,
  • 260 jenis karang dan 70 jenis bunga karang (sponge)
  • 105 jenis kepiting,
  • 10 jenis lumba-lumba dan Duyung
  • 6 Jenis Hiu,
  • 5 Jenis Ikan Paus,
  • Penyu hijau dan hawksbill,
  • Pari Manta

Sumber: Wikipedia

keindahan alama bawah laut dari pulau komodo

Keindahan alam bawah laut ini bukan hanya terkumpul di satu atau lima spot saja, tapi menyebar hampir diseluruh kepulauan komodo.

Author: