Friday, July 22, 2016

Deretan Kota Misterius Di Indonesia

Inilah 6 Kota Misterius Di Indonesia, Apakah kota anda termasuk? - Sedikiti membahas sisi misterius dari Indonesia, Indonesia terkenal akan keindahan alam dan keragaman budayanya baik itu kesenian tradisional berupa seni tari, seni rupa dan seni musik, namun dibalik itu semua indonesia menyimpan suatu kisah misteri yang menyeramkan mengenai tempat-tempat yang mengandung unsur makhluk gaib, Berikut beberapa ulasan mengenai kota misterius di indonesia.

1. Misteri Kota Banyuwangi Dikenal Sebagai Kota Mistis

Sudah bukan menjadi rahasia umum Kota Banyuwangi yang merupakan salah satu kota di ujung timur Pulau Jawa ini, menyimpan cerita mistis tentang ilmu hitam berbau santet dan perdukunan hingga banyak meresahkan msyarakat banyuwangi akan keberadaannya sebagai penyebab kematian beberapa penduduk lokal. 
Kota Banyuwangi yang merupakan salah satu kota di ujung timur Pulau Jawa ini
gambar : wikimapia.org
Mengingat peristiwa besar di tahun 1998 silam terjadi pembantaian besar-besaran terhadap Seratus orang yang diduga sebagai pelaku dukun santet disebagian besar wilayah banyuwangi, peristiwa terseburt dikenal masyarakat banyuwangi dengan nama "Tragedi Santet Banyuwangi", meski beberapa tlah ditentukan sebagai tersangka, tapi sampai saat ini dalang utama dukun santetpun belum ditemukan secara pasti

Selain itu Kota Banyuwangi juga memiliki tempat-tempat yang dipercaya memiliki sisi kemisteriusan tersendiri apa sajakah itu, berikut daftar mengenai tempat-tempat tersebut : 
  • Goa istana
  • Rowo bayu
  • Pantai boom
  • Watu dodol
  • Pabrik saranite
  • Rumah sakit inggris
  • Keraton Macan putih
  • Alas purwo


2. Kisah Asal Usul Kota Pontianak

Ditinjau dari sejarahnya, asal usul kota Pontianak dulunya adalah sebuah hutan belantara yang tepat berada di simpang tiga sungai, yaitu sungai Landak, sungai Kapuas, dan sungai Kapuas Kecil. Hutan belantara ini kemudian dibabat dan dibuka oleh sekelompok warga yang berasal dari Kerajaan Melayu. Warga yang dipimpin oleh Syarif Abdurrahman Alkadrie ini menebangi pohon di hutan tersebut dan mendirikan kampungan mulai sejak 23 Oktober 1771 Masehi.

Selama proses pembukaan hutan, para warga terus saja di usik oleh mahluk-mahluk halus berwujud kuntilanak. Terutama saat malam tiba, ketika para warga tengah beristirahat, suara-suara ngeri wanita tertawa dari tengah hutan selalu saja menghantui. Tak jarang bahkan sosok astral itu menampakan wujudnya di seberang sungai. 
Tak jarang bahkan sosok astral itu menampakan wujudnya di seberang sungai.
gambar : memobee.com
Syarif Abdurrahman Alkadrie yang menjadi pimpinan rombongan menganggap gangguan dari sosok kuntilanak telah membuat pekerjaan mereka terhambat. Para rombongannya takut dan sebagian lagi ingin berhenti meneruskan pekerjaannya untuk pulang. Ia kemudian bersiasat untuk membawa sebuah meriam besar ke tengah hutan tersebut. Meriam yang dibawa ini kemudian akan selalu dinyalakan ke arah sumber bunyi kuntilanak agar kuntilanak kaget. Siasat inipun pada akhirnya berhasil. Lambat laun, gangguan dari kuntilanak pun berangsur-angsur hilang. Para pekerja tenang dan hutan berhasil dibuka sepenuhnya.
Syarif Abdurrahman Alkadrie yang kemudian diangkat menjadi sultan bagi kerajaan baru di tengah hutan itu kemudian memberikan nama Pontianak pada daerah kekuasaannya untuk mengabadikan peristiwa gangguan sosok kuntilanak yang terjadi saat proses pembukaan hutan. Hal inilah yang menjadi asal usul nama kota Pontianak yang bertahan hingga saat ini.

3. Kota Gaib Padang 12 Di Kalimantan Barat

Padang 12 sebenarnya hanyalah sebuah daerah dengan luas sekitar 12km dengan diselimuti padang pasir yang luas, namun daerah ini ternyata menyimpan legenda mistis. Menurut legenda yang dipercaya oleh masyarakat setempat, Padang 12 yang berada di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat ini adalah sebuah kota gaib yang sangat modern. Kisahnya pun hampir sama dengan legenda Kota Saranjana dan juga Kota Wentira, dimana masyarakat yang hidup di kota tersebut merupakan makhluk yang berasal dari alam lain.
Kota ini dikenal sebagai kota gaib, karena berada di tanah kosong seluas 12km persegi yang dipenuhi ilalang serta hamparan padang rumput yang sepi dan sunyi
sumber : ahmadnurdin23.blogspot.com
Kota ini dikenal sebagai kota gaib, karena berada di tanah kosong seluas 12km persegi yang dipenuhi ilalang serta hamparan padang rumput yang sepi dan sunyi, konon dilokasi 12 inilah sosok penampakan sering terjadi dan terlihat oleh masyarakat, masyarakat yang meyakini penampakan tersebut adalah wujud manusia kebenaran, berbeda dengan manusia pada umunnya manusia kebenaran tidak memiliki garis hidung diatas bibir. Sebagian besar penduduk asli padang 12 dan masyarakat ketapang, bahwa wujud manusia kebenaran itu adalah Orang "Lingun" yang tergolong manusia suci, jujur dan taat beribadah, namun tidak sedikit yang beranggapan bahwa mereka adalah sekelompok jin muslim yang sudah menempati wilayah tersebut. 

4.  Yogyakarta Yang Tak Pernah Lepas Dari Budaya Mistis

Beralih ke Kota Yogyakarta, Yogyakarta memiliki budaya kepercayaan antar roh leluhur yang amat kental salah satu diantaranya adalah upacara tradisi tahunan malam satu suro di Keraton Yogyakarta, traidisi yang dilakukan sejak Sri Sultan Hamengkubuwono II untuk menyambut malam satu suro dengan aktifitas seluruh peserta mengadakan Kirap Popobisu yaitu upacara mengelilingi kawasan wisata kali urang tanpa bicara sedikitpun.  Prosesi yang dikenal sebagai simbol prajurit kerajaan yang siap menghadapi serangan fajar , terkesan layaknya seperti prajurit kerajaan yang berdoa didalam hati agar diberi keselamatan.
ogyakarta memiliki budaya kepercayaan antar roh leluhur yang amat kental salah satu diantaranya adalah upacara tradisi tahunan malam satu suro di Keraton Yogyakarta
gambar : jogjaland.net
Kemudian ada juga jamasan benda pusaka bersejarah atau pusaka seperti keris, alat musik serta alat transportasi yang menjadi benda yang diagungkan pihak kerajaan, oleh karenanya jamasan sendiri memiliki makna yang amat sakral tentang proseso pemberkatan ritual roh leluhur agar terus di beri keselamatan dan keselarasan masyarakat Yogyakarta

5. Saranjana, Kota Gaib Di Kalimantan Selatan

Tepat di Kalimantan Selatan sebuah Kota bernama Saranjana sudah tak asing oleh masyarakat sekitar Pulau Borneo, sebuah Kota berjuluk kota gaib saranjana menjadi menjadi kisah salah satu misteri yang belum dapat dipastikan secara pasti kebenarannya, memang tidak bisa dijelaskan secara logika tapi bukan berarti banyaknya cerita masyarakat di Pulau Borneo ini menjadi sebuah kebohongan, sekilas kota saranjana yang yang tak lebih adalah sebuah Pulau  kecil yang terlihat sangat indah. Memiliki penduduk yang hampir semuanya adalah bangsa "Jin" dan tidak ada manusia yang hidup di Pulau gaib tersebut, sampai-sampai keberadaan pulau Saranjana ini tidak ada di Peta Indonesia.
Konon Kota tersebut hanya di huni oleh bangsa jin muslim, seolah menambah kesan misteri
gambar : segiempat.com
Konon Kota tersebut hanya di huni oleh bangsa jin muslim, seolah menambah kesan misteri, masyarakat Kotabaru pun tidak banyak yang berani membeberkan mengenai kisah Kota Saranjana yang dikenal dengan Kota gaib ini. Diawali sejak tahun 1980-silam Kotabaru dipusingkan oleh kedatangan para pengusaha asal Jakarta yang hendak mengantarkan alat berat yang dipesan lunas oleh penduduk asal Kota Saranjana, setelah dicari-cari orang tersebt benar-benar tidak ada. 

6. Misteri Kota Pati Berjuluk Kota Seribu Paranormal

Cerita mistis selanjutnya adalah kisah kota paranormal yang amat terkenal di Indonesia, kabar mistis ini sempat menggeparkan warga Pati Jawa tengah dengan paranormal paling tersohor adalah Bos Eddy atau Mbah Roso. Kota pati yang terkenal sebgai kota penghasil garam terbanyak di Indonesia ini mendadak berjuluk kota seribu paranormal, hal ini diperkuat dari letak geografis lokasi Pati yang dikelilingi oleh makam beberapa tokoh spiritual yang sangat kuat diantaranya adalah makam Sunan Kalidjaga, makam Sunan Kudus serta makam Sunan Muria. Keberadaan makam-makam tersebut ikut mempengaruhi tradisi spiritual masyarakat Pati, keberadaan makam-makam tersebut, ikut memperkuat aura spiritual masyarakat Pati.

Layaknya tanaman yang tumbuh subur aktifitas paranormal di Kota Patih semakin banyak dikunjungi beragam orang yang tak hanya berasal dari Pati Jawa Tengah, pengunjung yang berasal dari kota-kota besar di luar Pulau Jawa meminta pesugihan atas usahanya, namun semua tak menjadi berhasil dan kaya.

Author: