Friday, September 9, 2016

Oleh-Oleh Unik Khas Ciamis

Oleh-Oleh Unik Khas Kabupaten CiamisG-A-L-E-N-D-O, ada yang tau itu apa? yo.. dalam postingan kali ini kali ini saya akan membahas salah satu oleh-oleh khas dari kabupaten Ciamis, galendo adalah salah satu oleh-oleh khas yang dimiliki kabupaten Ciamis karena kebetulan saya orang ciamis, maka dengan ini saya "ya elah lebah, hahah" maksudnya disini saya akan membahasa beberapa informasi mengenai oleh-oleh khas dari daerah Ciamis yaitu Galendo baik itu dari rasa, cara pembuatan dan hal unik lainnya. Jika anda sangat menggemari makanan dengan rasa manis, berarti anda harus mencoba makanan dari ciamis ini, 
namanya Galendo makanan sejenis dodol yang merupakan kebanggaan warga kota / kabupaten Ciamis sejak zaman doeloe,



Rasanya Gimana?

Penganan yang terbuat dari ampas minyak kelapa itu memang identik dengan Ciamis dimana Ciamis merupakan salah satu penghasil kelapa terbesar di Jawa Barat. Meski sudah bermunculan di sejumlah daerah, galendo Ciamis tetap punya keistimewaan tersendiri di lidah konsumen.
sumber: magazineguz.blogspot.com
Galendo ini telah bertransformasi menjadi lebih modern dengan varian rasa yang beragam. Galendo ini telah di kemas dengan kemasan menarik yang jika tidak di amati dengan benar hampir menyerupai kemasan produk-produk coklat yang membanjiri pasar indonesia.
Kreativitas makanan khas olahan ciamis ini tidak berhenti sampai disini, muncul pula galendo yang dapat dihidangkan bersama nasi putih yakni galendo temen nasi, yah kurang lebih begitu yang tertera dalam kemasan.

Untuk rasa dari Galendo itu sendri yaitu manis, legit ada juga rasa gurih jika ingin lebih manis maka kalian cukup menambah gula pasir, lebih lagi jika kalian ditemani dengan perempuan Ciamis itu sendiri, hehehe maka lengkap sudah rasa manisnya :). Pada dasarnya rasa dari galendo manis dan gurih yang berasal dari sari pati buah kelapa, namun saat ini galendo sudah tersedia denganvarian rasa yang menarik seperti Coklat,  Stroberi (kalo orang sunda), dan rasa buah lainnya.



Terus Cara Membuatnya?

Galendo adalah jenis makanan khas priangan timur yang bahan dasarnya dari buah kelapa,yang tepatnya di kota Ciamis - Jawa Barat. Galendo ini berbahan dasar dari santan kelapa, terlebih dahulu direbus menggunakan wajan berukuran besar, hingga santan tersebut berubah warna menjadi kecoklatan, hampir 2 jam lamanya baru santan tersebut berubah menjadi semacam serbuk. Setelah diperiksa dulu dan dinyatakan sudah matang baru bahan dasar galendo ini di angkat untuk ditiriskan sejenak.

Kemudian kini tinggal disaring untuk memisahkan serbukan galendo dengan air santan, setelah terpisah kini tinggal proses pembuatannya  yaitu si serbuk galendo dimasukan kedalam cetakan khusus untuk proses pengepresan dengan alat khusus, usai pengepresan selama 6 jam, serbuk galendo pun berubah menjadi galendo lempengan/ batangan. Meskipun untuk cara pembuatan galendo relatif sama akan tetapi setiap galendo dari tiap-tiap produk jelas memiliki rasa khasnya masing-masing.
Baca Juga: Makanan Khas Malang


Menarik

1. Kemasan

Selain itu kemasannyapun dibuat lebih mudah seperti layaknya coklat batangan terkenal yang banyak di supermarket.

Namun ada juga para pembuat galendo yang masih mempertahankan kemasan yang dibuat dari anyaman bambu. Karena hal ini dipercaya bisa lebih mempertahankan rasa dari galendo itu sendiri dan juga lebih kepada sebuah pengalaman nostalgia masa lalu.


2. Makanan Pembuka Pak. SBY

Makanan sejenis dodol yang merupakan kebanggaan warga kota / kabupaten Ciamis sejak zaman doeloe, provinsi Jawa Barat ini memiliki rasa manis yang begitu alami, bahkan selain itu galendo  juga pernah menjadi makanan pembuka saat presiden SBY sedang menggelar sidang kabinet.

Naah jika kalian penasaran ingin mengetahui bagaimana cara dari cemilan galendo yang merupakan khas dari Kabupaten Ciamis ini?

Jangan lupa kalo anda mampir atau sekedar lewat di kota ciamis yang sedang melakukan perjalanan ke arah jawa tengah atau sedang berlibur ke Pangandaran dan lewat kota ciamis, maka silahkan anda mampir ke pusat oleh-oleh yang ada di kota ciamis, untuk membeli makanan khas kabupaten ciamis ini yaitu Galendo. Karena hampir di setiap pusat oleh-oleh yang ada di kota ciamis, pasti semuanya menyediakan Galendo sebagai barang yang dijajakan sebagai oleh-oleh khas kota Ciamis atau juga bisa dipesan disini Galendo.com

Author: