Monday, July 25, 2016

Apakah "Bule" Kesulitan Dalam Berbahasa Indonesia?

Kesulitan Orang Asing Dalam Berbicara Bahasa IndonesiaBagi beberapa orang luar negeri sepertihalnya  Australia, bahasa Indonesia sulit. Meskipun seorang dosen bergelar professor yang mengajar bahasa Indonesia di sebuah universitas ternama di Sydney pun mengakui hal itu.  Ia kurang percaya diri kalau dalam koresponden diminta memakai bahasa Indonesia. Tentu saja hal itu ditulisnya dalam nada guyon. Barangkali saja akan lain jika tulisan bahasa Indonesia itu dalam bentuk formal. Dalam menulis artikel ilmiah atau buku.

Ada dua kesulitan, ternyata. Pertama, mereka kesulitan memahami kalimat-kalimat sang tokoh yang kerap kehilangan subyek atau predikat, diselingi ungkapan daerah dan ungkapan asing. Ini masih ditambah dengan logika kalimat yang sulit ditangkap serta pernyataan-pernyataan yang bersifat umum. Mengungkapkan sesuatu dengan tidak taksa (clear and distinct) memang bukan kelaziman bagi para tokoh Indonesia.
Orang Indonesia dianggap sebagai bangsa dengan pelafalan bahasa asing terbaik, salah satunya bahasa Inggris. Meskipun kemampuan tiap orang berbeda-beda
gambar : motivax.blogspot.com
Orang Indonesia dianggap sebagai bangsa dengan pelafalan bahasa asing terbaik, salah satunya bahasa Inggris. Meskipun kemampuan tiap orang berbeda-beda, namun pengucapan bahasa asing oleh orang Indonesia tidak meninggalkan aksen atau logat dari bahasa asli, yaitu Bahasa Indonesia itu sendiri.
Baca Juga : Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Internasional?
Pembicara asli bahasa Inggris (native English speaker) pun mengakui, bahwa orang Indonesia mempunyai lidah yang fleksibel. Yaitu dapat berbicara bahasa asing tanpa terdengar jelas logat bahasa asli mereka. Sehingga pesan yang ingin disampaikan pun akan tersampai dengan jelas.

Pembendaharaan kata Bahasa Indonesia yang tidak beda jauh dengan Bahasa Inggris, menjadi alasan orang Indonesia dapat dengan lancar berbicara bahasa Inggris tanpa adanya aksen atau logat yang ditinggalkan. Terlebih lagi, Indonesia juga merupakan salah satu negara yang pernah menjadi daerah jajahan bangsa Inggris, yang dimana bahasa Inggris menjadi bahasa berkomunikasi mereka.

Author: