Tuesday, October 18, 2016

Kenapa Indonesia Masih Menjadi Negara Berkembang?

Berkembang?? - Pada sore yang cukup mendung ini, saya akan menggoyangkan jari jemari saya dengan menulis beberapa opini khususnya dari saya pribadi dan beberapa sumber terkait, maksud sumber yang terkait disini beberapanya berasal dari keluarga khususnya kedua orang tua saya bahasan kali ini yaitu mengapa Indonesia sampai saat ini 'belum maju'??.  Mungkin inilah pertanyaan beberapa orang yang mungkin kailan juga termasuk, kenapa sih indonesia belum maju? atau kapan indonesia akan maju? Pertnyaan tersebut sebenarnya sudah ada sejak bapak saya duduk dibangku sekolah dasar tepatnya 'Madrasah Ibtidaiyah', memang pada saat itu saya sih tidak terlalu serius mempertanyakan hal tersebut karena diwaktu itu kebetulan kami sekeluarga sedang menonton acara tv yaitu reality show yang tayang setiap sore pada hari senin s/d jumat di salah satu stasiun televisi swasta 'memang bukan acara tv kesukaan tapi ya mau gimana lagi, remot tv yang megang siapa..  maklumlah dirumah hanya punya satu televisi' kembali ke topik bahasan. Tepat pada siaran berita tersebut menayangkan tentang potret kemiskinan yang ada di Indonesia.

mengapa Indonesia sampai saat ini 'belum maju'??

Disini saya tidak akan membahas mengenai isi dalam acara tv tersebut, tapi hal yang membuat saya penasaran yaitu kenapa indonesia sampai saat ini belum ada kemajuan yang signifikan, signifikan yang saya maksud disini yaitu dari segi kemajuan merata diseluruh Indonesia. Opini tersebut diambil dari ucapan bapak saya "ti baheula sakola MI Indonesia can wae maju-maju" kalo diterjemahkan kedalam bahasa ndonesia sejak dulu sekolah MI Indonesia belum juga maju, jika saya tarik kesimpulan menurut pemikiran sendiri bahwa kurang lebih dari 53 tahun, Indonesia masih belum menjadi negara maju.

Hal tersebut terbukti masih banyaknya kemiskinan dan pendidikan yang tidak merata di beberapa daerah di Indonesia khususnya Indonesia bagian timur, memang Indonesia sejak dulu juga bisa memulai langkah untuk menjadi negara maju 'dari mana pendapat itu muncul' jika kalian pernah mendengar istilah zamrud khatulistiwa hal tersebut pasti berkaitan dengan kekayaan Indonesa khususnya kekayaan alam yang begitu melimpah dimulai dari kekayaan, okelah saya sebutkan beberapa kekayaan alam indonesia yang mungkin tidak dimiliki oleh negara lain dimulai dari tambang emas kulitas terbaik 'meski berada di negara kita tapi bukan kita yang punya', cadangan gas alam terbesar 'kenapa terkadang gas elpiji mahal?', tambang batu bara terbesar 'tarif listrik kadang naik kadang turun', Kesuburan tanah terbaik di dunia 'kenapa kita masih meng-impor beras, dan makanan pokok lainnya?', Lautan terluas dan terkaya 'ada perubahan yang sangat baik, mendengar kata TENGGELAMKAN you knwo lah bu menteri itu', hutan tropis terbesar di dunia 'tapi kenapa dibakar', tempat wisata eksotis terbesar di dunia 'salah satu kebanggaan negeri tercinta kita', Pulau 'mohon agar tidak menjualnya lagi', negara maritim terbesar di dunia 'INILAH NEGERI KITA, INDONESIA'.

Dari sedikit bahasan diatas diantara kalian mungkin ada yang langsung bisa mengkap bahwa sebenarnya Indonesia bisa menjadi negara maju melalui faktor pendukung kemajuan Indonesia melalui kekayaan yang dimiliki, meskipun  faktor penting yang menjadikan suatu negara maju itu adalah  sumber daya manusianya itu sendiri  yang mempengaruhi terbentuknya negara maju adalah penguasaan IPTEK yang tinggi setiap individu yang mempunyai kreatifitas atau pola pikir yang lebih baik. 

Ada juga pendapat yang dikemukakan oleh mantan Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa menyebutkan ada 3 faktor penghambat negara berkembang untuk menjadi negara maju, ada 103 negara berkembang dan yang berhasil menjadi negara maju hanya 13 negara. Negara yang tidak bisa maju tersebut menurut Hatta telah terjebak dalam Middle Income Trap. Hatta menjelaskan, setidaknya ada 3 faktor utama yang menjadi dasar persoalan negara berkembang untuk menjadi negara maju, salah satu faktornya adalah pembangunan infrastruktur yang lambat. Ada 3 faktor utama, basic persoalannya adalah pembangunan infrastruktur dan ini sangat fundamental.

Terlepas dari itu semua peran dan ikut serta yang nyata bukan omong doang bagi warga Indonesia itulah sangat penting, maka dari itu saya mengajak kepada teman-teman semua jadilah sukses di panggung kalian masing-masing. Mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak baik dan oleh karena itu saya tunggu saran dan kritik mebangunnya. Terima kasih.

Author: