Thursday, October 27, 2016

Alasan Kenapa Bakso Bisa Eksis di Indonesia

abang tukang bakso, mari, mari sini 'langsung keinget lagu itu'... Yo... assalamu alaikum.. apa kabar.. teman semua di hari yang cerah 'enggak sih agak mendung dikit' dan suasana 'lapar' ini saya akan bahas beberapa fakta menarik dan unik mengenai makanan khas yang begitu fenomenal, sensasional 'lebay' yang bentuknya bulat dan terbuat dari daging (sapi, ayam). BAKSO, yap makanan khas Indonesia yang satu ini tidak hanya terkenal akan cita rasanya saja yang lezat, melainkan dari cara pembuatan, penyajian  dan bentuknya yang mungkin bisa dikatan beda dari bakso pada umumnya, namun postingan kali ini yang saya akan bahas adalah sisi unik dari asal mula dari bakso itu sendiri.

Memang makanan yang satu ini sudah sangat familiar dengan lidah dan dompet orang Indonesia

Banyak artikel yang membahas mengenai bakso baik dari asal mula terciptanya bakso, yap memang sudah hal yang basi jika saya hanya membahas mengenai asal mula bakso/baso, padahal jika teman semua mengetahui bahwa sebenarnya makanan khas indonesia sudah terkenal sampai luar negeri dan menjadi salah satu makanan favorit presiden Amerika Serikat Barack Obama, tidak berlebihan mungkin jika saya khususkan satu halaman penuh dengan isian bakso/baso maksudnya satu halaman penuh dengan bahasan mengenai BAKSO/BASO. 

Memang makanan yang satu ini sudah sangat familiar dengan lidah dan dompet orang Indonesia, meskipun kebanyakan bakso memiliki rasa dan bumbu yang begitu lezat dan khas, namun terkadang beberapa orang yang sangat menyukai bakso 'oke saya sebut saja maniac bakso' merasa bosan dengan sajian atau bentuk yang itu-itu saja. mau tau selengkapnya silahkan simak bahasannya dibawah.

maaf meskipun sudah saya jelaskan diatas tadi, saya tidak akan mebahas lebih detail mengenai asal mula bakso/baso, tapi tidak ada salahnya untuk sedikit menambah wawasan kalian mengenai asal mula dari bakso bakso itu sendiri.



Asal Mula, Singkat??

Sebenarnya bakso itu kuliner asal mana?? Bakso asalnya dari seni kuliner Tionghoa di awal abad ke 17, dalam sebuah bahasa hokkian Bak = Babi dan So = Makanan, jadi pada awalnya bakso di artikan sebagai makanan dari daging babi. Karena masyarakat Indonesia mayoritas beragama Islam bakso yang di olah dari daging babi di ganti menjadi daging sapi, ayam atau ikan jadi jangan takut makan bakso ya, tapi menurutku sikap berhati-hati juga harus tetap dilakukan karena tidak menutup kemungkinan pasti ada saja beberapa pedagang bakso nakal yang mencapur daging seperti sapi, ayam dan ikan dengan daging lain baik itu daging segar atau daging yang sudah tidak layak konsumsi.

Tidak semuanya lo masyarakat di Indonesia menyebut makanan ini sebagai bakso, di Surabaya orang-orang menyebutnya Bakwan yaitu Bak = daging sedangkan Wan = bundar jadi daging bundar. Semakin kesini bakso semakin populer dan dapat ditemukan dimana-mana diseluruh pelosok wilayah di Indonesia, penjualnya mulai dari pedagang kaki lima sampai restoran besar.

Beberapa diantara mungkin masih ada yang kurang dengan bahasan diatas, pertanyaan yang mungkin akan diajukan adalah bagaimana bakso bisa tercipta dan kenapa bentuknya bulat?? singkat padatnya seperti ini Oke, jadi, dulu di negeri Tiongkok saat akhir Dinasiti Ming atau kurang lebih awal abad ke-17, ada seorang laki-laki bernama Meng Bo yang memiliki seorang ibu yang sudah berumur, laki-laki ini yaitu Meng Bo sangat menyayangi ibunya. Akhirnya suatu hari ibunya sudah tidak bisa makan daging lagi karena giginya udah tidak terlalu kuat untuk mengunyah makanan yang agak keras.

Terdorong atas rasa kasih sayangnya  Meng Bo-pun ingin membantu ibunya supaya bisa makan daging lagi. Sampai pada akhirnya sewaktu dia sedang melamun 'ngahuleng' di depan rumahnya, tidak disengaja  dia melihat tetangganya sedang menumbuk beras ketan untuk dibuat 'mochi,, mochi', dari situ itu lah ide Meng Bo muncul.

Singkat cerita Meng Bo pergi ke dapur dan mengolah daging sampai empuk, ditumbuk sesudah itu ia langsung membuat jadi beberapa bulatan-bulatan kecil dan ia rebus sampai aroma dagingnya yang lezatnya tercium. Setelah semuanya selessai, Meng Bo sajikan 'bakso' ke ibunya dan ibunya sangat senang karena ia bisa makan daging yang lezat dan mudah untuk memakannya. 

Pesan Moral

Jika saya cermati, ada satu pesan moral yang terkandung dalam sebuah kisah asal mula bakso tercipta, dan mungkin pesan moral yang saya buat ini kata-katanya tidak terlalu bagus yaitu "Jika seseorang sudah menyayangi orang sangat dicintai, dia rela melakukan apa saja untuk bisa membuatnya bahagia", karena tidak jarang beberapa orang ada yang melakukan hal yang terbilang cukup aneh bahkan mungkin gila 'alasannya cuma satu yaitu ingin seseorang yang dia cintai bahagia'. Jika teman semua memiliki seseorang yang sangat disayangi khususnya Ibu, jagna pernah malu, jangan pernah putus asa, berusaha keras dan cerdas untuk bisa membahagiakannya, karena tidak sedikit orang yang sukses, dibaliknya ada seorang Ibu yang mendoakan. :'( mom

Saya, ya 'Saya' bukan orang sukses dan orang hebat hanya saja disini saya menyampaikan pesan yang selalu Ibu saya katakan, dimana ada kemauan disitu ada jalan. maka oleh karena itu saya mengajak kepada teman semua untuk terus berjuang dan pantang menyerah demi meraih kesuksesan. Mohon maaf pemirsa ungkapan yang saya tulis 'ngawur of topic' ,tapi tidak ada salahnyakn mengajak dalam kebaikan??  :)



Wow, Bakso Kita Terkenal Di Luar Negeri

Saat berkunjung ke Indonesia pada tanggal 11 November 2010, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama tak hanya menyerukan persatuan dan toleransi ke seluruh dunia. Dia mendadak juga jadi 'Duta Bakso'. Ketika mengenang masa kecilnya di Jakarta, tak lupa Obama menyinggung makanan kesukaannya saat kecil itu.

julukan itu berubah menjadi a city with a million meat balls alias kota sejuta baso, Ini karena hampir di setiap sudut kota, pasti saja ditemukan mie baso plus aneka variasinya. Bagaimana ceritanya Tasik menjadi kota baso? Entahlah, wallahou alam bisshowab ... Sulit mengurai awal mula sejarah, mie bakso (atau baso dalam pelafalan orang sunda), Baso Tasik terkenal akan perpaduan aneka unsur kuliner Cina, Jawa, hingga Sunda yang pada akhirnya memunculkan keunikan dan kekhasannya tersendiri. Baso Tasik, mendapat tempat terhormat dari para penggemarnya karena kaya dengan warisan dan tradisi kuliner yang sudah tertanam sejak lama.



Perkembangan Bakso Di Era Modern

Tidak heran mungkin jika modern ini makanan yang terbuat dari daging yaitu bakso, sekarang sudah banyak inovasi-inovasi unik, aneh dan inovasi lainnya, karena didorong dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi dan perkembangan kuliner dengan ragam yang begitu unik, maka mau tidak mau penjual bakso baik itu penjual bakso kaki lima maupun restoran yang menyediakan menu makanan bakso harus 'memutar otak' agar minat masyarakat untuk menikmati bakso semakin bertambah, namun terkadang ada saja beberapa inovasi yang terbilang aneh namun itu semua demi menarik minat pembeli untuk mencicipi bakso tersebut, berikut beberapa informasi unik mengenai tempat bakso dengan nama unik di era modern yang ditulis menurut versi saya sendiri 'R' :

Nama dan Tempatnya yang Gokil

  • Warung Bakso Astagfirullah aladzim (Lokasi: Belakang BTC Mall Bandung, Jl. sukawarna).
  • Kafe Jamban (Lokasi: Bojongsoang, bandung).
  • Bakso Comberan "Pak. Bewok" (Lokasi: Dekat Politeknik Negeri Jakarta).
  • Bakso Barbel "Agung Hercules" (Lokasi: Jalan Riau 205, Bandung 'sebelahnya Sushi Tei').
  • Bakso Rambutan "Pak. Bas" (Lokasi: Jalan Danau Sentani Raya H1-B41 Sawojajar, Malang).

Semoga bahasan kali bisa sedikit memberikan wawasan mengenai makanan khas Indonesia khususnya bagi teman semua pecinta kuliner asli Indonesia dan seperti biasa terima kasih.

Author:

3 comments:

  1. saya baru tahu kalau bakso ini berasal dari kata HOKKIAH ....yang artinya seperti yang disebutkan diatas.Memang makanan yang satu ini merupakan makanan yang sangat kita gemari..tidak heran jika banyak sekali penjual bakso di daerah kita...trims. info artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kang. keep calm and makan bakso.
      terima kasih telah menyempatkan waktunya untuk berkunjung.

      Delete
  2. Siap gan! Langsung meluncur, Thanks kunjungannya :)

    ReplyDelete